13 Tanya Jawab tentang Investasi Saham Online

  • Whatsapp
13 Tanya Jawab tentang Investasi Saham Online


Bacaan Lainnya

Di masa pandemi, minat orang untuk melakukan investasi saham online sepertinya semakin banyak. Banyak orang mencari informasi tentang saham, pengertian saham, memulai investasi, transaksinya, keuntungan, dan lain-lain.

Nah, pertanyaan seputar investasi saham, akhirnya kami rangkum menjadi tanya jawab ringkas. Sehingga bila Anda mempunyai pertanyaan serupa, Anda akan mengetahui jawabannya.

Tanya Jawab Investasi Saham

1. Apa itu Saham?

Saham merupakan bukti kepemilikan perusahaan yang bisa diklaim atas penghasilan dan kekayaan perseroan. Suatu perusahaan yang mempunyai saham bisa dibeli di Bursa Efek Indonesia dinamakan Perusahaan Tercatat.

Saham adalah produk pasar modal yang jadi salah instrumen investasi jangka panjang. Apabila Anda membeli saham suatu perusahaan, Anda termasuk salah satu pemilik perusahaan tersebut.

2. Arti 1 Lot Saham?

1 Lot saham merupakan satuan dalam pembelian saham. Jadi, bila Anda membeli saham 1 Lot artinya Anda membeli 100 lembar.

3. Apa Saja Keuntungan Beli Saham?

Keuntungan beli saham di perusahaan adalah dapat Capital Gain atau keuntungan dari kenaikan harga dan dapat Dividen atau pembagian keuntungan perusahaan.

4. Apa Risiko Investasi Saham?

Kalau ada keuntungan berarti ada kerugian. Risiko investasi saham yaitu Capital Loss atau kerugian karena penurunan harga dan Likuidasi atau jika perusahaan bangkrut.

5. Gimana Cara Jual Beli Saham?

Untuk beli saham, Anda harus menyiapkan dana sesuai harga saham dan bayar biaya transaksi untuk perusahaan sekuritas (fee broker). 

Kalau jual saham, seluruh dana yang didapatkan investor adalah nilai sesuai harga jual saham dikurangi biaya transaksi dan PPh.

6. Berapa Biaya Transaksi Saham?

Kami beritahu bahwa investasi saham ada biaya transaksinya. Nominal biaya transaksi tergantung dari perusahaan sekuritas. 

Umumnya, biaya transaksi saham 0,2 % – 0,3 % dari nilai transaksi pembelian saham (termasuk PPn) dan ditambah PPh 0,1 % khusus untuk biaya transaksi penjualan saham.

7. Cara Mulai Investasi Saham?

Pertama buka rekening efek di perusahaan sekuritas. Selanjutnya tentukan dana yang ingin Anda sisihkan. Kemudian tentukan saham yang ingin diinvestasikan. 

Setelah rekening efek selesai, Anda dapat menyetorkan dana secara rutin. Anda juga bisa menggunakan fitur auto transfer dari rekening pribadi setiap periode yang telah ditentukan. Setelah itu, Anda dapat melakukan pembelian saham secara rutin.

8. Syarat Buka Rekening Efek di Perusahaan Sekuritas?

Fotokopi KTP, NPWP (opsional), halaman depan buku tabungan, serta materai Rp 6.000 2 lembar.

9. Apa yang Dimaksud Perusahaan Sekuritas?

Bagi yang belum tahu, perusahaan sekuritas adalah perusahaan yang sudah dapat izin usaha dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan untuk bisa melakukan kegiatan sebagai perantara perdagangan efek (broker).

10. Perlindungan untuk Investor di Bursa Efek Indonesia?

Setiap aset investor diberi perlindungan dengan membentuk Dana Perlindungan Pemodal oleh Indonesia Securities Investor Protection Fund (SIPF). 

Indonesia SIPF merupakan perusahaan yang menyelenggarakan program Dana Perlindungan Pemodal dan diawasi oleh OJK (Otoritas Jasa Keuangan).

11. Apakah Transaksi Jual Saham kena Pajak?

Pajak transaksi jual saham yakni 0,1 % dari nilai bruto transaksi penjualan saham.

12. Berapa Pajak Deviden?

Pajak Deviden yaitu 10 % dari penghasilan bruto NPWP.

13. Seperti Apa Mekanisme Perdagangan Saham Suatu Perusahaan?

Perdangan Efek di Bursa menggunakan fasilitas JATS NEXT-G. Oh iya, perdagangan ini hanya bisa dilakukan oleh Anggota Bursa (AB) yang jadi Anggota Kliring KPEI. 

Anggota Bursa Efek akan bertanggung jawab terhadap semua transaksi yang dilakukan di Bursa, baik untuk pribadi atau kepentingan nasabah.

Baca juga:

12 Aplikasi Saham Terbaik dan Aman untuk Pemula

Cara Jual beli Saham Online Paling Mudah dan Tips Aman

Belajar Main Saham Online Gratis dan Menguntungkan

Kesimpulan

Demikian sedikit tanya jawab tentang investasi saham online. Anda yang masih bingung, bisa membaca ulang pertanyaan dan jawaban tersebut. Selain itu, Anda juga bisa mencari referensi lain dan bergabung dengan grup-grup investor saham.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *