5 Cara Memotret Foto Keren di Malam Hari Pakai Smartphone

  • Whatsapp
5 Cara Memotret Foto Keren di Malam Hari Pakai Smartphone


Bacaan Lainnya

Memotret malam hari dengan ponsel merupakan tantangan nyata. Dari cahaya redup, kontras ekstrim hingga noise. Namun bukan berarti tidak bisa menghasilkan foto yang bagus asalkan Anda tahu triknya.

Penggemar fotografi seluler masih dapat membuat gambar malam yang indah, kreatif, dan surealis. Namun, ada beberapa trik yang perlu dilakukan agar jepretan ponsel tetap aman, seperti dilansir Eyeem.

1. Long Exposure 

Salah satu cara mengakali fotografi cahaya rendah dengan film atau kamera DSLR adalah mengakali kecepatan rana untuk mendapatkan eksposur yang lama. Saat ini, kamera di ponsel biasanya memiliki pengaturan kecepatan rana. Cukup gunakan mode manual atau profesional.

Gulir melalui pengaturan, yang biasanya ditandai dengan S. Kecepatan rana diukur dalam detik. Misalnya, 1/1000 untuk rana cepat dan 1s atau 3s untuk rana lambat.

2. Jaga agar ponsel Anda tetap stabil

Penggunaan tripod atau alat lain sangat disarankan untuk menjaga kestabilan ponsel saat memotret. Karena untuk mencegah gerakan kabur (blur) dan mendapatkan hasil foto yang tajam, dibutuhkan waktu yang lebih lama.

Kondisi pencahayaan yang buruk menyebabkan sistem kamera menggunakan kecepatan rana lambat. Sementara itu, semakin cepat kecepatan rana maka akan rentan terhadap guncangan.

3. Menggunakan Flash

Cara lain untuk mendapatkan foto yang jelas dan cerah dalam cahaya redup adalah dengan menggunakan flash. Ponsel kamera memiliki fitur ini. Hanya saja pencahayaan pada foto tidak akan merata. Bisa jadi terlalu terang atau terlalu terang.

Beberapa tips: coba letakkan sapu tangan atau kertas di atas flash untuk memperhalus cahaya. Anda juga bisa menggunakan filter warna untuk membuat kesan berbeda.

4. Gunakan sumber cahaya terdekat

Senter, lampu motor dan sumber cahaya lainnya pada malam hari bisa menjadi sumber cahaya tambahan untuk pengambilan foto. Jangan hanya membatasi diri Anda pada malam yang gelap. Anda juga bisa berkreasi dengan benda-benda di sekitarnya.

Baca juga:

10 Hasil Jepretan iPhone 11 Pro Max dan Samsung Galaxy S20 Ultra

Cara Mengembalikan Foto yang Terhapus di iPhone dan Android Gratis

Cara Memotret Long Exposure dengan Smartphone dan Tipsnya

5. Gunakan lampu latar atau backlighting

Malam hari bisa menjadi waktu untuk menghadapi situasi pencahayaan yang ekstrim, dan cahaya latar hanyalah salah satu cara untuk mencapai efek visual yang kreatif. Tangkap siluet di depan jendela toko, lampu jalan, atau di mana pun cahaya bersinar dengan nyaman di belakang subjek Anda.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *