Cara Mengirim File Besar Video, Audio, dan Gambar di WhatsApp

  • Whatsapp
Cara Mengirim File Besar Video, Audio, dan Gambar di WhatsApp


Bacaan Lainnya

Aplikasi WhatsApp memiliki fitur utama untuk mengirim pesan chat. Selain itu Anda juga bisa mengirim file besar hingga 100 MB. File tersebut di antaranya video, audio, aplikasi, hingga gambar. Kalau mau aplikasi pihak ketiga, tentunya bisa lebih besar lagi ukuran file yang bisa dikirim.

Nanti kami jelaskan bagaimana cara kirim file besar lebih dari 100MB di WhatsApp. Sekarang fokus pembahasan pada pengiriman file video, audio, hingga gambar tanpa menurun kualitas. Sehingga foto atau gambar yang dikirim tidak akan pecah atau blur. 

Biasanya foto yang dikirim lewat kolom pesan chat WhatsApp turun kualitasnya. Sebab, WhatsApp akan mengompres otomatis foto tersebut. Kalau mau mengirim foto dengan kualitas bagus seperti aslinya, Anda bisa mengirim lewat fitur ikon klip penjepit kertas.

Cara Kirim File Besar di WhatsApp

  1. Tentukan dulu Anda mau mengirim file apa.
  2. Buka chat penerima, lalu di kolom chat ada ikon emoji, klip kertas, sama kamera, pilih saja klip kertas atau attachment.
  3. Sebagai contoh, misal Anda ingin mengirim file video yang besar. Anda dapat memilih ikon dokumen. 
  4. Cari file tempat video Anda disimpan, klik browse other docs atau cari di ikon kaca pembesar.
  5. Maksimal file yang dapat dikirim berukuran 100 MB.
  6. Setelah ketemu file tersebut, kirim langsung ke kontak penerima.
  7. Kalau Anda mengirim file lewat ikon dokumen, file tersebut tidak akan dikompresi, alias tetap sama dengan ukuran aslinya.
  8. Berbeda bila Anda mengirim file gambar lewat ikon Gallery, maka foto ata gambar Anda akan dikompresi otomatis oleh WhatsApp.

Nah, sekarang kami anggap Anda sudah bisa mengirim file besar di WhatsApp. Namun, kalau file tersebut di atas 100 MB bagaimana? 

Cara Mengirim File Besar Lebih dari 100 MB di WhatsApp

Tenang saja, Anda masih bisa mengirim file sebesar apapun di WhatsApp. Bedanya kali ini Anda membutuhkan aplikasi pihak ketiga, kemudian link yang bersangkutan dibagikan lewat WhatsApp.

Jadi secara teori, pengiriman file memang melalui WA atau WhatsApp tapi secara praktiknya tidak demikian. Anda bisa mengirim file besar melalui Google Drive. Di Google Drive sendiri Anda dibatasi bisa berkirim file sebesar 15 GB untuk layanan gratis. Kalau mau berlangganan, tentu saja memori yang disediakan lebih besar.

  1. Buka atau download aplikasi Google Drive.
  2. Pilih ikon tanda Plus di pojok kanan bawah.
  3. Upload file besar yang ingin dibagikan ke WhatsApp.
  4. Setelah proses upload selesai, tekan ikon tiga titik, lalu pilih menu Link sharing off.
  5. Fungsi Link sharing off untuk mempermudah penerima file di WhatsApp mengunduh file dari Google Drive.
  6. Copy link tersebut dan paste di kolom chat WhatsApp.
  7. Penerima bisa download file tersebut dengan mengklik link Google Drive.
  8. Nanti penerima bisa melihat dulu file yang dikirim, baru mengunduhnya.

Kurang lebih seperti itu cara mengirim file besar di WhatsApp. Anda dapat memanfaatkan fitur pengiriman gambar dengan kompresi agar memori tidak terlalu penuh atau menggunakan metode kirim file lewat dokumen dengan ukuran aslinya.

Baca juga:

7 Cara Mengetahui WhatsApp Dibajak atau Disadap

Cara Video Call WhatsApp sampai 50 Orang di Ponsel

3 Cara Mengembalikan Chat WhatsApp yang Terhapus


Demikian beberapa tips mengirim file ukuran jumbo di WhatsApp. Banyak fitur menarik di WhatsApp yang mungkin belum Anda ketahui. Jadi jangan hanya menggunakan aplikasi WhatsApp untuk chatting semata, tapi gunakan pula untuk keperluan lain, seperti video call, video conference, kirim file, share location, telepon, dan lain-lain.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *