Cara Upload Foto dan Video di Google Photos Tanpa Internet

  • Whatsapp
Cara Upload Foto dan Video di Google Photos Tanpa Internet


Teknolagi.net – Sekarang upload foto dan video di Google Photos semakin mudah berkat fitur terbaru. Google telah meningkatkan kemampuan untuk upload gambar foto atau video tanpa membutuhkan koneksi internet alias offline.

Jadi, Anda bisa dengan tenang menyimpan foto dan video tanpa perlu takut akan terhapus. Sebab, file-file tadi sudah aman di Google Photos. Lantas, bagaimana caranya, upload file ke Google Photos tanpa internet?

Cara Upload Foto dan Video ke Google Photos Offline

Seperti yang dilansir dari AndroidPolice (23/4/2021), untuk menggunakan fitur ini, pengguna hanya perlu memilih foto dan video yang ingin diunggah ke layanan cloud Google Photos. Kemudian, masukkan foto dan video tadi ke sebuah album baru.

 

Setelah itu, masukkan nama album dan tekan tombol Ok. Nantinya, deretan foto dan video yang tersimpan pada album tersebut akan diunggah secara otomatis begitu ponsel pengguna terhubung dengan internet. Google mengklaim bahwa proses upload file tidak akan mengalami gangguan.

Fitur baru ini masih digulirkan secara bertahap bagi para penggunanya di seluruh dunia.

Pada dasarnya, fitur upload foto video offline di Google Photos cuma numpang nitip saja. Nanti pada akhirnya tetap harus menggunakan internet. 

Jadi kita nitip foto dan video tertentu di Google Photos. Kemungkinan, file belum sepenuhnya berada di penyimpanan cloud. Jadi, mereka masih antri di depan pintu sambil menunggu internet datang.

Fitur Upload Offline Google Photos Berbayar

Oh iya, perlu Anda ketahui, Google akan menarik biaya untuk pengguna layanannya tersebut mulai tanggal 1 Juni 2021. Biaya akan dikenakan bagi pengguna yang upload konten bergambar di Google Photos, tapi kapasitas penyimpanannya sudah lebih dari 15 GB. 

Langkah tersebut hadir berbarengan dengan perubahan kebijakan Google Drive. Apabila kapasitas penyimpanan Anda masih tersisa banyak, maka Anda tidak perlu membayar.

Padahal sebelumnya selama bertahun-tahun perusahaan teknologi itu menawarkan layanan upload foto dan video di Google Photos secara gratis tanpa batas.

Sebelum 1 Juni, pengguna masih memiliki cukup banyak waktu untuk memilih dan mengatur foto serta video apa saja yang ingin disimpan pada layanan Google Photos.

Baca juga: Cara Melihat Jawaban Soal dan Token Password di Google Form

Manfaatkan waktu dan keuntungan tersebut untuk mengamankan foto dan video penting Anda. Ingat, kenangan yang pernah Anda lalui sebagian besar tersimpan dalam foto dan video.

Jika foto dan video itu hilang, kenangan tersebut juga akan hilang. Namun, sebelum hal tersebut terjadi, segera unggah foto dan video kalian di Google Photos.

Jika artikel Teknolagi.net bermanfaat, jangan lupa bagikan ke teman-teman yang lain dan cantumkan sumbernya. Terima kasih.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *