Ketahui Penyebab Kulkas 2 Pintu Tidak Dingin

  • Whatsapp
Ketahui Penyebab Kulkas 2 Pintu Tidak Dingin

 

Bacaan Lainnya

Salah satu barang elektronik rumah tangga yang penting dimiliki adalah kulkas. Hampir sama dengan barang elektronik lainnya, kulkas 2 pintu pun terkadang memiliki beberapa masalah. Nah, jika Anda memiliki masalah kulkas tidak dingin, ketahui penyebabnya terlebih dahulu sebelum membawanya ke tukang reparasi.

Penyebab Kulkas 2 Pintu Tidak Dingin

Kulkas yang tidak dingin tentunya akan menimbulkan masalah untuk beberapa bahan makanan yang disimpan di kulkas. Selain membuat es sulit beku, bahan makanan menjadi busuk, bahkan tagihan listrik bisa membengkak karena kompresor kulkas yang terus menyala. Untuk mengatasi masalah tersebut, ada baiknya Anda mengetahui penyebab kulkas 2 pintu tidak dingin seperti berikut.

  1. Saluran freon buntu

Istilah ini lebih sering dinamakan dengan kulkas mampet. Hal ini sering terjadi pada kulkas jenis apapun. Biasanya saluran freon yang buntu disebabkan pelumas kompresor naik ke saluran freon. Selain itu, kotoran yang naik ke instalasi kompresor juga bisa menjadi penyebabnya.

Biasanya saluran freon yang bunt ini berada di pipa kapiler ataupun filter. Pada bagian ini terdapat lubang yang sangat kecil, sehingga ketika ada kotoran kecil pun dapat menyebabkan saluran freon mampet. 

Untuk mengetahui, cara paling mudah adalah dengan memegang body kulkas bagian kanan. Jika terasa panas, besar kemungkinan saluran freon buntu.

  1. Kebocoran freon

Penyebab lainnya adalah freon mengalami kebocoran. Hal ini menyebabkan tidak adanya gas freon pada kulkas. Jika kulkas mengalami ‘Nol PSI’, tentunya kulkas tidak akan terasa dingin.

Biasanya kebocoran freon terjadi karena pipa saluran freon sudah keropos. Parahnya, penyebab yang sering terjadi adalah karena pengguna mencongkel es batu atau membersihkan bunga es menggunakan benda tajam. Inilah yang menyebabkan evaporator tertusuk dan menyebabkan freon bocor.

Cara mudah untuk membersihkan bunga es pada kulkas 2 pintu ini adalah dengan mencabut colokan kulkas dan membiarkannya hingga mencair. Anda perlu memperhatikan hal tersebut gar kulkas lebih awet.

  1. Penumpukan bunga es

Penyebab lain dari kulkas yang tidak bisa dingin adalah karena bunga es yang menumpuk di bagian evaporator. Hal ini membuat sirkulasi hawa dingin menjadi terhambat ke kulkas bagian bawah.

Penumpukan bunga es ini biasanya terjadi karena kipas tidak berfungsi atau fuse panas (heater) tidak bekerja. Untuk mengetahui penyebabnya perlu melakukan pemeriksaan, karena dimungkinkan kabel heater putus.

  1. Kabel kulkas putus

Hal lain yang menyebabkan kulkas tidak dingin adalah adanya kabel kulkas yang putus. Biasanya kabel yang putus ini karena usia pemakaian kulkas yang sudah tua. Selain itu, bisa saja kabel kulkas digigit tikus hingga keropos. 

Anda perlu juga memeriksa komponen Overload. Komponen ini terletak menempel di mesin kompresor dan biasanya berfungsi untuk menjaga suhu kulkas. Jika terjadi panas yang berlebih di kompresor, Overload akan memutus arus yang akan mencegah terjadinya korsleting listrik.

  1. Kompresor ampere naik

Kompresor inilah yang membuat suhu kulkas menjadi dingin. Biasanya kompresor juga tergantung pada besar ampere. Jika ukuran ampere melebih kapasitas maksimal, ini berarti kondisi kompresor tidak normal. Untuk mengetahuinya, biasanya terdengar bunyi mesin kompresor yang keras atau hanya berdengung.

Kesimpulan

Ketika kulkas 2 pintu tidak bisa menghasilkan suhu dingin, ada baiknya untuk mengetahui penyebab kulkas tidak dingin. Hal ini akan membantu Anda dalam mengatasi kulkas tersebut, sehingga Anda tidak perlu lagi membeli kulkas yang baru.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *